Camat Jaten, Hari Purnomo memberikan sambutan pada kegiatan monitoring dan evaluasi dana desa. Rabu pagi (7/9/2022)

Monitoring dan evaluasi dana desa tahun 2022 di wilayah Kecamatan Jaten dilaksanakan di Aula kantor Kecamatan Jaten, Rabu pagi (7/9/2022). Monitoring dan evaluasi dana desa ini merupakan agenda rutin tiap tahun yang dilaksanakan oleh inspektorat Daerah Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan ini dihadiri oleh Tim pemeriksa dari Inspekorat Daerah Kabupaten Karanganyar, Sekretaris Desa se Kecamatan Jaten, Bendahara Desa se Kecamatan Jaten dan pengelola aset desa se Kecamatan Jaten. Camat Jaten, hari Purnomo dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi dana desa merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan untuk monitoring pelaksanaan dana desa di desa. Oleh karena itu wajib kepada seluruh desa di Kecamatan Jaten untuk menyampaikan laporan pelaksanaan dana desa dengan lengkap guna mempermudah dalam pelaksanaan monitoring ini.

Dalam monitoring dan evaluasi dana desa Kecamatan Jaten tahun anggaran 2022 dibagi menjadi 4 tim. Setiap tim terdiri dari 1 sampai 2 desadan 1 orang Tim Pemeriksa dari Inspektorat Daerah Kabupaten Karanganyar untuk memeriksa data-data yang disampaikan oleh desa terkait dana desa. Desa di wilayah Kecamatan ada 8 desa yaitu Suruh Kalang, Jati, Jaten, Brujul, Dagen, Ngringo, Jetis dan Sroyo.

Data-data terkait dana desa yang dilakukan pemeriksaan oleh Inspektorat meliputi APBDesa Tahun 2022, SK PPKD Tahun 2022, buku rekening, pengajuan SPP yang dilengkapi SPJ, buku investasi aset, foto papan pengumuman desa, berita acara serah terima hasil, TPK PBJ kepada Kepala Desa, penyertaan modal, dokumentasi kegiatan fisik dana desa sampai dengan bulan Agustus tahun 2022, perjanjian penggunaan tanah kas desa dengan pihak ketiga dan sertifikat tanah dan bangunan. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. (el)

Share This